Tips Merawat Kelinci Anggora Agar Tetap Sehat Dan Bagus

Kelinci anggora merupakan salah satu jenis kelinci hias yang menjadi favorit banyak orang. Kelinci ini terkenal karena bulu-bulunya yang tebal dan indah. Untuk merawatnya bisa dibilang susah-susah gampang. Hal yang perlu diperhatikan adalah kebersihan dan makanan yang diberikan kepada kelinci anggora.

Pakan yang baik dan bernutrisi banyak untuk kelinci anggora

Makanan untuk kelinci dewasa tidaklah sulit melainkan beri rerumputan sebanyak-banyaknya (rerumputan kering), Konsumsi buah tidak lebih dari 2 ons per 3 kg berat badan. Minimal 2 mangkuk sayuran yang dipotong per 3 kg berat badan, batasi konsumsi pelet. Pelet sebagai makanan cadangan dan tambahan. Namun jangan memberikan pelet secara jumlah banyak dan sebagai makanan utama. Karena dalam jangka 6 minggu lebih akan mengalami penurunan kualitas.Selain pelet bisa juga dengan ampas tahu,konsentrat,dan lainnya.

Buah-buahan dan sayuran jangan anda lupakan tetapi jangan memberikan dengan posisi masih segar bia-bisa kelinci anda akan terkena penyakit kulit. Dalam pemberian rumput kering juga harus sesuai umur dan takaran. Selain rumput kering anda bisa memberikan tambahan lainnya.

Cara memberikan makanan pun harus diperhatikan karena kelinci anggora memiliki bulu yang panjang dan lebat. Hindari atau selalu membersihkan rumput yang ada di kandang dan terinjak-injak oleh kelinci. Sebaiknya tempat makanan kelinci di sisi luar kandang.

Kebersihan Kandang

Yang anda perlu ketahui dan praktik yaitu kandang Dengan cara membeli atau membuat sendiri kalau menurut saya lebih baik membuat karena lebih hemat.
  • Ukuran
    Kandang kelinci dipisahkan satu sama lainnya karena jantan biasanya sering berkelahi dan bisa mengakibatkan luka pada kelinci. Ukuran kandang sebaiknya 50 kali 50 cm dengan ukuran ini kelinci akan lebih leluasa bergerak namun jika anda memiliki tempat yang luas maka sebaiknya di buat sistem umbar.

  • Kesehatan
    Kandang kelinci harus tidak lembab,bersihkan setiap pagi dan sore jangan lupa menjemur kandang agar penyakit tidak menyerang kelinci anda. karena kandang yang kering sangat bagus untuk kelinci berikan juga alas di bawah kandang agar kotoran tidak terinjak-injak orang dan tampak bersih.

Kebersihan Kelinci

Kelinci harus dibersihkan dengan cara dimandikan secara rutin. Untuk anak kelinci yang belum disapih induknya, cara membersihkannya cukup dengan cara disemprot dan dilap dengan tissue atau handuk.

Kalau untuk kelinci besar bisa dimandikan dengan cara berikut Langsung saja siapkan alat dibawah ini.

  1. Ember
  2. Air hangat
  3. Sisir yang jaraknya tidak rapat
  4. Sampo bayi atau membeli yang khusus
  5. Dan jangan lupa handuk

Cara memandikannya yaitu :

  1. Siapkan dua ember yang diisi air hangat. Kira-kira buat kelinci tidak panas. Yang satunya di simpan untuk nanti membilas.
  2. Pastikan telinga kelinci di tutup pakai kapas atau lainnya,supaya ketika mandi tidak kemasukan air.
  3. Kemudian masukkan kelinci kedalam ember yang pertama lalu basahi seluruh tubuhnya
  4. Oleskan sampo bayi atau sampo khusus ke tubuh kelinci jangan lupa di ratakan. Tapi mata kelinci jangan sampai kena mungkin perih juga.
  5. Setelah itu bilas kelinci dengan air yang di simpan tadi
  6. Lalu angkat kelinci dari ember dan di beri handuk
  7. Usapkan handuk ke seluruh tubuh,keringkan dengan hair dryer atau bisa di jemur tapi badan kelinci tidak basah banget
  8. Sisir kelinci agar bulu kelinci anggora tertata rapi
  9. Setelah kering,penjemuran dan penyisiran kelinci bis di masukkan kandang
  10. Sediakan makanan favoritnya di dalam kandang

Itu cara memandikan kelinci anggora dengan baik,jika itu dilakukan akan meminimalkan terkena penyakit dan mati.