Strategi Promosi di Instagram

Saat ini social media sudah menjadi bagian hidup masyarakat yang tidak dapat dipisahkan. Bahkan menurut survey, orang Indonesia adalah orang yang paling lama bermain social media. Hal ini tentu saja bisa berdampak positif dan negatif, positifnya adalah potensi market Indonesia di social media sangat besar, sedangkan negatifnya bisa saja mengurangi waktu produktifitas.

Melihat ini tentunya kita sebagai pebisnis akan fokus mengunakan social media untuk hal yang produktif. Salah satu social media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah instagram.

Berikut ini Langkah-langkah berpromosi di Instagram

1. Setup Akun Instagram

Tentunya untuk dapat berpromosi di Instagram kita harus memiliki akun Instagram, caranya cukum mudah anda bisa menginstal applikasi Instagram pada ponsel anda dan langsung mendaftar.

Setelah terdaftar switch akun Instagram anda menjadi akun bisnis, caranya bisa cek pada gambar di bawah ini.

Dengan menggunakan instagram bisnis, kita jadi bisa memantau seberapa banyak interaksi yang terjadi karena pada instagram bisnis disediakan data statistik untuk mengecek interaksi yang terjadi pada akun instagram kita.

Pada bagian Biografi isi data bisnis anda dengan jelas, jika anda memiliki website isikan juga alamat website anda sehingga orang yang mengunjungi profil anda bisa mengklik alamat website anda untuk mendapat informasi lebih lanjut akan produk dan jasa anda.

2. Posting secara reguler

Tentunya agar promosi anda mendatangkan hasil, anda harus memposting foto atau video tentang produk dan jasa anda pada akun instagram anda secara reguler. Usahakan postingan anda bukan tipe hard selling tapi untuk membangun brand usaha anda agar orang-orang lebih mengenal usaha anda.

Jika anda bukan seorang desainer grafis anda tetap dapat membuat grafis yang menarik untuk di posting di Instagram, cukup gunakan Canva anda akan seketika jadi jago desain hehehe. 

Play Video

Untuk melakukan posting ada waktu-waktu tertentu dimana biasanya orang banyak melihat-lihat Instagram mereka. berikut ini adalah waktu-waktu yang jangan sampai terlewatkan 8:00 , 12:00, 17:00, 19:00, dan 21:00

Namun jika interaksi pada akun anda sudah mencapat diatas 100 dalam 7 hari maka nanti akan muncul data tepatnya jam berapa saja orang-orang merespon postingan anda.

3. Gunakan #Hashtag

Hashtag ini sangat penting, karena kebiasaan orang-orang di instagram adalah mencari konten dengan melakukan pencarian menggunakan hashtag. Sehingga pastikan anda menggunakan hashtag populer yang sesuai dengan produk dan jasa anda.

4. Follow Follower Kompetitor anda

Salah satu agar interaksi akun anda tinggi adalah dengan memiliki jumlah follower yang banyak, cara termudah untuk mendapatkan follower yang tertarget adalah dengan memfollow follower dari kompetitor anda.

Namun sebelum itu pastikan bahwa akun kompetitor anda memiliki jumlah interaksi yang tinggi pada setiap postingan mereka, karena itu menunjukan bahwa follower kompetitor anda adalah pengguna aktif di instagram.

Sebenarnya masih banyak lagi metode untuk berpromosi di Instagram namun akan panjang sekali jika ditulis disini semua, jika anda ingin mempelari lebih lanjut anda bisa mengikuti pelatihan bisnis online yang banyak diadakan diluar sana, carilah yang khusus membahas strategi promosi di Instagram agar anda mendapat semua ilmu si pengajar.