Proses Pembuatan Kerajinan dari Berbahan Logam

Indonesia memiliki berbagai macam bahan alam yang dapat diolah menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi. Salah satu nya adalah tembaga. Tembaga adalah unsur kimia yang diberi lambang Cu (Latin: cuprum). 

Logam ini merupakan penghantar listrik dan panas yang baik dan merupakan bahan logam yang sangat popular untuk berbagai jenis kebutuhan, baik untuk industrialisasi, kesehatan, militer, kerajinan dan lain-lain.

Kerajinan Tembaga termasuk dalam kategori Kerajinan logam menggunakan bahan logam seperti besi, perunggu, emas, perak, dan lain-lain. Logam memiliki sifat keras, sehingga dalam pengolahannya memerlukan teknik yang tidak mudah, seperti diolah dengan teknik bakar/ pemanasan dan tempa.

Teknik yang digunakan biasanya menggunakan sistem cor, ukir, tempa atau sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Bahan logam banyak dibuat sebagai perhiasan atau aksesoris, kemudian berkembang pula sebagai benda hias dan benda fungsional lainnya, seperti: gelas, kap lampu, perhiasan, wadah serbaguna bahkan sampai piala sebagai simbol kejuaraan.

Beberapa teknik pembuatan produk kerajinan dari bahan keras, antara lain seperti berikut.

Teknik Cor (cetak tuang)

Teknik cor sudah ada ketika kebudayaan perunggu mulai masuk ke Indonesia, bangsa Indonesia mulai mengenal teknik pengolahan perunggu. Terdapat beberapa benda kerajinan dari bahan perunggu seperti gendering perunggu, kapak, bejana, dan perhiasan.

Teknik Ukir

Di Indonesia, karya ukir sudah dikenal sejak Zaman Batu Muda. Pada masa itu, banyak peralatan yang dibuat dari batu seperti perkakas rumah tangga dan benda-benda dari gerabah atau kayu. Benda-benda itu diberi ukiran bermotif geometris, seperti tumpal, lingkaran, garis, swastika, zig-zag, dan segitiga. Umumnya ukiran tersebut selain sebagai hiasan juga mengandung makna simbolis dan religius.

Teknik Anyam

Anyaman adalah seni kerajinan yang dikerjakan dengan cara mengangkat dan menumpangtindihkan atau menyilang-nyilangkan bahan sehingga menjadi suatu karya anyaman. Bahan keras dari karya kerajinan yang dapat menggunakan teknik anyaman, antara lain: bambu, rotan, dan plastik.

Kerajinan tembaga saat ini yang sangat dikenal adalah hasil dari dusun tumang, cepogo, boyolali. Di perkampungan Tumang para pengrajin kerajinan tembaga pernah tergabung di dalam Kelompok Pengrajin Tembaga. Kerajinan ukir tembaga ini justru yakni Kelompok Industri yang begitu banyak dipilih masyarakat Tumang.

Pada awalnya seluruh perajin di perkampungan Boyolali menghasilkan jenis alat tumah tangga dari tembaga, namun pada perkembangannya sebagian perajin mencoba merintis kerajinan seni ukir tembaga yang jenis produksinya nggak sering berupa peralatan rumah tangga saja namun juga berupa perlengkapan dan assesoris perumahan mirip kerajinan vase bunga, Kerajinan Tembaga guci, bowl, lampu duduk, lampu dinding, lampu gantung, kaligrafi, hiasan dinding dan jenis lainnya yang umumnya sesuai permintaan konsumen.